Bahaya Sesak Nafas

Bahaya Sesak Nafas – Sesak nafas merupakan gangguan pada sistem pernafasan, yang membuat penderita nya akan kesulitan ketika ingin menghirup oksigen. Dan akibat nya penderita sesak nafas akan merasakan kekurangan udara dan tidak leluasa seperti orang yang normal untuk menghirup oksigen.

Bahaya Sesak Nafas

Sesak nafas juga akan membuat penderita nya merasakan sakit di bagian dada, karena menghirup udara dengan cepat. Setiap orang pernah merasakan sesak nafas, sesak nafasa yang hanya sesaat akibat udara yang kotor atau berasap, atau memang memiliki riwayat penyakit sesak nafas sehingga sering kambuh sewaktu waktu. Sesak nafas biasa  nya akan kambuh ketika penderita nya sedang kelelahan atau ketika sedang berada di lingkungan yang memiliki udara yang kotor seperti, banyak asap dari kendaraan, atau bisa juga karena asap dari api.

Penyebab sesak nafas

  • Penyakit Asma
Sesak nafas karena penyakit asama banyak di terjadi oleh setiap orang. Karena penyakit asma bisa terjadi karena faktor genetik. Asma merupakan suatu kondisi sistem pernafasan mengalami penyempitan, dan asma juga menghasilkan dahak, sehingg bisa menyebabkan batuk juga.
  • Radang paru paru
Karena sesak nafas merupakan ada nya gangguan pada sistem pernafasan, sehingga bahaya sesak nafas bisa juga terjadi jika paru paru mengalami masalah. Masalah pada paru paru yang mengakibatkan asma bisa karena penyakit radang paru paru. Radang paru paru dapat membuat penderita nya akan mengalami seseak nafas, batuk dan juga demam. Pengotan untuk radang paru paru bisa menggunakan antibiotik, karena radang paru paru merupakan ada nya infeksi.
  • Serangan jantung
Serangan jantung bisa di awali dengan rasa sesak nafas, sehingga membuat dada penderinya merasakan sakit. Oleh sebab itu anda harus hati hati oleh bahaya sesak nafas, karena bisa menajadi suatu tanda serangan jantung.
  • Gagal jantung
Gagal jantung merupakan suatu kondisi dimana jantung kesulitan untuk memompa darah yang akan di alirkan ke seluruh tubuh. sehingga membuat paru paru terisi oleh banyak air, dan akibat nya mengalami sesak nafas.
  • Ada nya sumbatan
Sumbatan pada hidung juga bisa menyebabkan asama. Karena ketika hidung menghirup oksigen maka akan kesulitan untuk masuk ke dalam paru paru, sehingga akan menyebabkan bahaya sesak nafas.
  • Keracunan
Ketika sedang berada di suatu tempat, dan ada kebocoran pada karbon monoksida dan anda menghirup nya, akan menyebabkan anda mengalami asma.

Penyebab sesak nafas akibat ada nya penyakit

Selain sesak nafas bisa terjadi secara tiba tiba, sesak nafas juga bisa terjadi karena ada nya penyakit pada tubuh, sehingga berefek pada gangguan sistem pencernaan.
  • Obesitas, obesitas bisa juga menyebabkan sesak nafas. Karena ketika obesitas akan membuat dada terasa sesak karena kegemukan, sehingga penderita nya akan kesulitan ketika bernafas.
  • Penyakit bronkiektasis, bahaya sesak nafas juga bisa terjadi ketika menderita penyakit bronkiektasis. Karena pada kondisi tersebut membuat saluran pernafasan menjadi melebar tidak seperti ukuran normal, dan menyebabkan batuk berdahak dan juga sesak nafas.
  • Kanker paru paru, penyakit kanker paru paru bisa menyebabkan bahaya sesak nafas. Karena sistem pernafasan mengalami gangguan.
  • Penyempitan katup jantung, katup jantung yang mengalami penyempitan sehingga membuat aliran darah ke seluruh tubuh terhambat juga akan memberikan efek bahaya sesak nafas.

Efek dari sesak nafas

Sesak nafas yang sering kambuh, dan tidak segera di obati akan memberikan efek pada tubuh. sehingga tubuh mengalami perubahan, seperti :
  • Demam tinggi
  • Tubuh merasakan menggigil
  • Batuk
  • Warna bibir akan berubah menjadi biru
  • Sesak saat berbaring
  • Ketika bernafas menimbulkan suara yang besar
  • Perubahan kaki sehingga mengalami pembengkakan

Cara mengatasi sesak nafas

Ketika tiba tiba anda mengalami sesak nafas anda tidak perlu panik, karena ada beberapa cara yang dapat membantu untuk mengatasi bahaya sesak nafas yang datang tiba tiba.
  • Menghirup nafas dalam dalam
Ketika tiba tiba anda mengalami sesak nafas, anda bisa menenangkan diri dengan menarik nafas dalam dalam, lalu keluarkan secara perlahan lahan. Ulangi cara seperti itu hingga sesak nafas hilang, cara meghirup nafas dalam dalam juga dapat membuat anda tenang, sehingga anda tidak panik.
  • Melakukan pernafasan diagfragma
Bernfas dengan metode diagframa seperti yang di lakuakn pada penyanyi, dan juga perlari ini dapat mengatasi bahaya sesak nafas. Karena ketika bernafas dengan diagfragma dapat menghirup udara lebih banyak dari pada cara yang normal, sehingga tidak akan mengalami sesak nafas.
  • Lingkungan bersih
Jika memiliki sesak nafas yang sering kambuh anda bisa menerapi diri sendiri dengan mnegunjungi daerah dataran tinggi, seperti pegunungan. Karena udara di daerah pegunungan memiliki udara yang bersih karena masih banyak pepohonan, sehingga paru paru juga akan bersih. Melakukan hal ini juga akan menyegarkan pikiran, karena bosan dengan rutinitas sehari hari.
  • Menjaga emosi
Ketika saat merasa marah, juga dapat menyebabkan sesak nafas. Selain itu juga emosi yang tidak stabil akan membuat tekanan darah naik, sehingga tidak baik untuk kesehatan. Untuk itu anda bisa menahan emosi anda menjadi stabil, sehingga anda juga menjadi pribadi yang lebih sabar, sheingga tidak merasakan sesak nafas.
  • Melakukan cek di rumah sakit
Jika sesak nafas anda di karenakan ada nya penyakit. anda harus melakukan pemeriksaan, sehingga bisa mengobati penyakit yang mengakibatkan sesak nafas.