Cara Mengatasi Sesak Nafas

Cara Mengatasi Sesak Nafas – Sesak nafas atau dalam dunia medis lebih di kenal dengan sebutan disonea, sesak nafas merupakan jenis penyakit yang akan sangat mengganggu rutinitas. Sesak nafas adalah suatu kondisi yang dimana  respiratory rate atau RR atau juga lebih di kenal dengan pola nafas seseorang yang melebihi batas normal yaitu sekitar 16 hingga 20 kali per menit.

Cara Mengatasi Sesak Nafas
 
Cara mengatasi sesak nafas sangatlah beragam, di mulai dengan cara tidak menggunakan obat sampai menggunakan obat sesak nafas. Untuk dapat mengatasi penyakit sesak nafas ini anda perlu tahu penyebab dari sesak nafas tersebut, sehingga penyakit sesak nafas tersebut dapat segera di tangani dengan tepat karena beda penyebab beda juga cara penangannya.

Cara Mengatasi Sesak Nafas

Sesak nafas merupakan penyakit yang dapat di sebabkan oleh banyak hal, bisa saja di sebabkan adanya sebuah penyakit atau memang penderita sedang berada pada keadaan normal. Sedangkan sesak nafas yang di sebabkan oleh adanya penyakit yaitu seperti adanya gangguan pada jantung dan paru-paru penderita, seperti penyakit bronkitis, penyakit asma atau juga karena penyakit PPOM ( penyakit paru obstruksi menahun ), penyakit Pneumonia dan jenis penyakit lainnya.

Penyakit asma yang di sebabkan oleh adanya kelainan pada jantung contohnya gagal jantung kongesif (CHF), pericarditis atau lainnya. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa jantung dan paru-paru merupakan organ tubuh manusia yang sangat berperan dalam pertukaran oksigen dan karbondioksida dalam darah kita, sehingga jika paru-paru dan jantung tersebut mengalami gangguan maka hal tersebut akan sangatlah berpengaruh dalam proses pernapasan. Masalah sesak nafas yang di sebabkan oleh suatu kondisi normal dan merupakan buka sebuah gejala dari penyakit antara lain seperti di karenakan stress, kehamilan atau karena berada di ketinggian 5000 kaki.

Apabila sesak nafas datang menghampiri, sebaiknya segera lakukan cara mengatasi sesak nafas. Karena jika tidak begitu maka dapat menyebabkan hal-hal yang dapat membahayakan kesehatan tubuh seperti kejang-kejang dan yang lebih parahnya lagi dapat menyebabkan gagal nafas yang berakibat pada kematian. Untuk mengantisipasi sesak nafas, anda dapat melakukan  cara mengatasi sesak nafas seperti di bawah ini .

Cara Mengatasi Sesak Nafas Dengan Cepat

Lingkungan Yang Nyaman Dan Tenang

Cara mengatasi sesak nafas dengan cepat yang pertama kita harus lakukan adalah memberikan lingkungan yang tenng dan nyaman, penderita jangan sampai di kerumuni oleh banyak orang. Sebab, semakin banyaknya orang disekitar penderita sesak nafas tersebut maka udara akan semakin mengendap dan oksigenpun menjadi lebih sedikit sehingga hal tersebut malah akan memperburuk keadaan penderitanya.

Posisi Setengah Duduk

Apabila salah satu keluarga anda mengalami sesak nafas, maka langkah yang harus anda lakukan yaitu sesegera mungkin memberikan posisi tidur dengan setengah duduk atau sekitar 45 o sampai 90 o dengan cara di belakang kepala di beri tumpukan bantal. Dengan posisi ini akan sangat membantu paru-paru akan lebih mudah untuk mengembang sehingga oksigen yang masuk akan lebih maksimal.

Ajari Nafas Dalam dan Panjang

Penderita yang sedang mengalami sesak nafas, sebaiknya anda segera mengajarinya untuk mengambil nafas panjang dan dalam. Cara mengatasi sesak nafas denang cara meminta penderita untuk menarik nafasnya sedalam-dalamnya dan instruksikan menarik nafas dalam  waktu 3 derik kemudan mintalah untuk menghembuskan nafasnya kembali dari mulut secara perlahan. Cara mengatasi sesak nafas dengan cara ini hanya untuk teknik relaksasi apabila anda sedang mengalami stress atau rasa sedikit sakit yang mengganggu.
Catatan : teknik pernafasan ini jangan sampai di terapkan pada orang yang mengalami sesak nafas karena adanya sumbatan seperti dahak. Jika penderita tersebut berdahak cukup banyak sehingga justru malah mengganggu proses pernafasannya, cukup dengan memberikan air minum hangat dan mintanya untuk batuk.

Hindari Alergen

Penderita yang mengalami sesak nafas yang di akibatkan oles asma maka biasanya akan terjadi adanya suatu alergen seperti alergi terhadap udara yang dingin atau alergi terhadap debu. Untuk mengurangi sesak nafas tersebut yang di akibatkan asma anda harus menghindari alergen tersebut. apabila sesak nafas sudah terjadi anda dapat memberikan obat brochodilator agar jalan pernafasan kembali pada keadaan normal. Obat sesak nafas biasanya bisa anda dapatkan dengan mudah di toko atau apotik, namun untuk lebih aman sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda.

Pertolongan Tenaga Medis

Cara mengatasi sesak nafas dapat di atasi dengan segera membawa si penderita sesak nafas tersebut ke tenaga medis untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut, pertolongan yang akan di berikan oleh tenaga medis dapat berupa pemberian oksigen atau nebulizer pada penderita sesak nafas tersebut.

Nah sudah tahukan cara mengatasi sesak nafas apabila di sekitar anda atau mungkin anda yang sedang mengalami sesak nafas, sebaiknya berhati-hatilah dengan penggunaan produk obat-obatan sesak nafas untuk jangka panjang, karena bisa saja obat tersebut merupakan racun bagi tubuh anda sendiri.