Faktor Penyebab Sesak Nafas

Faktor Penyebab Sesak Nafas – Sesak nafas adalah keadaan tubuh yang tidak bisa bernafas dengan baik. keadaan tubuh yang tidak bisa mengatur pernafasan dengan baik akan menyebabkan penderitanya terengah engah. Sesak nafas dialami karena di sebabkan oleh paru paru yang tidak mendapatkan cukup udara sehingga nafas tidak bisa diatur dengan baik. sesak nafas gangguan kesehatan pada pernafasan yang bisa dialami oleh siapa saja, anak anak sampai orang dewasa bisa mengalami sesak nafas. Sesak nafas bisa membuat penderitanya terganggu, karena sesak nafas akan menghentikan kegiatan yang sedang dilakukan.

Faktor Penyebab Sesak Nafas

Sesak nafas akan dialami secara tiba tiba, dan sesak nafas bisa berlangsung lama atau juga bisa berlangsung hanya sesak. Sesak nafas yang berlangsung lama akan bisa membahayakan kesehatan tubuh, karena nafas sangat penting maka dari sangat bahaya apabila sesak nafas dialami terlalu lama. sesak nafas juga jenis gangguan kesehatan yang akan kambuh, bisa kambuh kapan pun. Oleh karena itu sesak nafas merupakan gangguan kesehatan yang tidak bisa dianggap ringan.

Faktor Penyebab Sesak Nafas

Sesak nafas merupakan gangguan kesehatan pada bagian organ pernafasan yang bermasalah, atau pun juga bisa jadi jika tanda dari suatu penyakit yang ada di dalam tubuh. ada beberapa faktor penyebab sesak nafas yang bisa dialami, seperti berikut beberapa faktor penyebab sesak nafas :
  • Alergi, faktor penyebab sesak nafas yang bisa dialami yaitu salah satunya alergi. Alergi memang ciri khas dengan gejala gatal gatal, tetapi karena ada berbagai macam jenis alergi yang bisa dialami oleh tubuh yang salah satunya alergi debu atau pun serbuk maka bisa menyebabkan sesak nafas pada gejalanya. Oleh sebab itu faktor penyebab sesak nafas bisa karena terjadinya alergi debu atau alergi lainnya.
  • Penyakit asma, sesak nafas berkaitan dengan gangguan di organ pernafasan, penyempitan saluran pernafasan bisa menyebabkan sesak nafas karena jumlah oksigen yang masuk hanya sedikit dan kejadian seperti itu dialami karena di sebabkan oleh penyakit asma. Oleh karena itu salah satu faktor penyebab sesak nafas akibat dari asma.
  • Flu, infeksi virus influenza yang menyebabkan penderitanya demam, bersin, produksi mukosa hidung yang berlebihan atau juga bisa hidung tersumbat akan menyebabkan penderitanya sesak nafas juga. keadaan flu yang menyebabkan penderitanya tersumbat hidungnya bisa menghalangi masuknya udara, sehingga faktor penyebab sesak nafas bisa karena virus yang menyebabkan flu juga.
  • Sinusitis, penyakit sinusitis bisa menjadi faktor penyebab sesak nafas, karena dampak dari sinusitis bisa mengganggu organ pernafasan juga oleh sebab itu sinusitis bisa menyebabkan penderitanya mengalami sesak nafas pada gejalanya.
  • Keracunan, racun yang terhirup masuk ke dalam tubuh bisa menjadi faktor penyebab sesak nafas, terlebih jika keracunan karbonmonoksida karena tidak baik untuk paru paru, dan apabila keracunan sedang berlangsung bisa menyebabkan penderitanya akan mengalami sesak nafas.
  • Penyakit paru paru basah, penyakit pada paru paru yang di sebabkan oleh infeksi virus atau pun bakteri yang akan membuat paru paru memiliki kantung yang akan menyebabkan penumpukan cairan bisa menjadi faktor penyebab sesak nafas. Keadaan paru paru yang seperti itu dikenal dengan nama penyakit paru paru basah.
  • Penyakit jantung, yang bisa menjadi faktor penyebab sesak nafas yaitu karena penyakit jantung, yang akan menyebabkan serangan jantung. terhentinya aliran darah menuju jantung memiliki gejala berupa sesak nafas.
  • Tekanan darah rendah, karena tekanan darah rendah juga bisa mengakibatkan penderitanya akan sesak nafas, karena tekanan darah yang rendah semakin sedikit jumlah oksigen yang masuk maka dari itu akan menyebabkan sesak nafas.
Sesak nafas berkaitan erat dengan organ paru paru dan juga jantung yang kurang sehat, oleh karena itu harus menjaga kesehatan jantung dan juga paru paru agar tidak sesak nafas. Karena apabila sesak nafas di sebabkan oleh penyakit jantung atau paru paru, maka sesak nafas jangka panjang bisa dialami. oleh karena itu sebaiknya menjaga kesehatan tubuh dengan baik agar tidak akan menderita sesak nafas yang jangka panjang atau pun hanya sesaat.

Sesak nafas apabila sering kambuh maka sebaiknya selalu membawa alat bantu seperti Inhaler yang akan membantu untuk mengatasi sesak nafas yang sedang kambuh. pengobatan sesak nafas juga bisa dilakukan dengan melakukan pengobatan. Pengobatan sesak nafas sebaiknya di dahului dengan pemeriksaan paru paru dan juga jantung untuk mengetahui pengobatan yang tepat untuk menyembuhkan sesak nafas yang sering kambuh. jika tidak di sebabkan oleh penyakit yang serius,  maka mengatasi sesak nafas bisa dengan obat sesak nafas atau melakukan terapi.

Terapi sesak nafas bisa dilakukan agar tidak akan sering kambuh sesak nafas yang mengganggu. Terapi sesak nafas bisa dengan memberikan paru paru udara yang segar, sering mengunjungi tempat dengan udara yang bersih bisa dilakukan, seperti dataran tinggi. atau dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan terutama tempat tidur agar tidak menghirup debu. Selain itu makan makanan yang sehat dan berolahraga yang teratur untuk membantu menyembuhkan sesak nafas yang sering kambuh dan mengganggu.

0 Response to "Faktor Penyebab Sesak Nafas"

Posting Komentar